Keripik Tempe Sanan Oleh Oleh Khas Malang | Usaha Kripik Tempe di Malang

Keripik Tempe Khas Malang

Sentra industri tempe Malang terletak di daerah Sanan Malang Jawa Timur, camilan keripik tempe adalah jajanan khas asli kota Malang yang telah banyak dikenal dan diminati oleh para wisatawan yang pernah berkunjung ke kota Malang.

Keripik TempeCita rasa yang khas dan lezat dari hasil olahan tempe Malang memiliki perbedaan dengan tempe hasil olahan dari daerah lain di luar Malang, oleh karena itu tempe Malang lebih bisa diterima dan disukai terutama pada kelezatan rasa hasil olahan tempenya sendiri. Hasil olahan dengan bahan dasar tempe memiliki banyak variasi dan banyak ragamnya di dunia kuliner, terutama untuk kuliner Indonesia dan salah satunya yang cukup dikenal adalah keripik tempe Malang.

Tempe tidak akan lepas dari bahan baku kedelai, apabila kita cermati dari kebutuhan penduduk Indonesia akan Import kedelai dari Amerika, Negara kita adalah termasuk salah satu negara tujuan Import kedelai yang cukup besar di Asia Tenggara. Sebagian besar pasokan kedelai tersebut diserap oleh Usaha Kecil Menengah khususnya pengrajin tempe atau juga keripik tempe.

Kedelai memiliki banyak nutrisi dan gizi yang berguna bagi tubuh manusia, demikian halnya dengan keripik tempe yang pada dasarnya bahan utamanya adalah kedelai. Dalam keripik tempe terkandung protein 20% sampai dengan 25% dan air 10% sampai dengan 20% serta lemak nabati dan protein. Makanan ringan ini cukup bergizi, tidak berbahaya dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja tanpa ada batasan umur.

Proses Pembuatan Keripik Tempe


Keripik tempe dibuat dari bahan dasar utama kedelai yang dijadikan tempe terlebih dahulu agar selanjutnya bisa diiris tipis tipis menjadi keripik. Tempe yang dibuat dari kedelai tersebut hasil akhirnya harus bertekstur padat tidak boleh terlalu renggang teksturnya, hal ini terkait dengan mekanisme pengerjaan ketika dilakukan peragian dan pematangan saat diragi. Pada saat pembentukan tempe disesuaikan dengan kebutuhan keripik tempe yang akan dibuat bentuk bulat atau kotak sesuai selera pembuatnya.

Tempe yang sudah jadi tersebut kemudian dipotong tipis tipis, dan dicampur dengan bahan bahan lain seperti tepung beras dan rempah rempah. Jenis bumbu yang dipakai antara lain ketumbar, bawang putih, kapur sirih, santan kelapa, dan daun jeruk purut, sebagai penyedap. keripik tempe

Tempe yang telah dipotong tipis tipis tersebut dicampur dengan adonan tepung bumbu kemudian digoreng hingga kering dan tidak boleh terlalu gosong. Proses pembuatan keripik tempe ini dilakukan secara tradisionil dengan tiada penambahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi dan juga ketika proses produksi harus diperhatikan kebersihannya agar produk selalu higienis.

Beberapa Keunggulan Keripik Tempe Aneka Keripik Malang :

  • Tanpa menggunakan bahan pengawet.
  • Keripik lebih tipis sehingga renyah apabila dimakan.
  • Menggunakan minyak nabati yang berkualitas.
  • Tidak mudah tengik apabila disimpan.
  • Kemasan yang baik dan higienis.
  • Tersedia berbagai aneka rasa.

Berat dalam kemasan yang disediakan Aneka Keripik Malang yaitu 100 gram, atau bisa dalam jenis curah atau per kilogram. Keripik tempe dikemas dalam plastik dengan ketebalan 0,10 mm sehingga bisa tahan lama apabila disimpan. Pengemasan untuk pengiriman luar kota menggunakan kardus tebal untuk menjaga produk bisa aman dan tidak rusak.

Keripik tempe Aneka Keripik Malang terdiri dari beberapa aneka rasa antara lain :

  • Rasa Original (rasa asli tanpa tambahan bumbu seasoning powder).
  • Rasa ayam bawang, Ayam bawang pedas, Balado, Barbeque, Jagung bakar, Jagung Manis, Keju, Lada hitam, Ayam bakar, Pedas manis, Pizza, Rumput laut, Sambal Udang, Sapi panggang, Seafood, Spagheti, Udang, Jeruk Purut, Balado Hijau, Sambal setan.

Bagi siapa saja yang gemar dan hobi berpetualang di wisata kuliner ada baiknya mencoba dan mencicipi jajanan khas kota Malang ini, dijamin anda pasti puas. Ayo coba dan buktikan sendiri kelezatan jajanan sehat keripik tempe Aneka Keripik Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *