Backlink Yang Berkualitas Sebagai Penentuan SERP

Backlink Yang Berkualitas Sebagai Penentuan SERP

Backlink yang berkualitas merupakan hal yang penting berkaitan dengan peringkat SERP sebuah web site, peranan backlink pada web site dimata Search Engine digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan popularitas sebuah web site dan seberapa pentingnya sebuah web site sehingga dari backlink yang berkualitas baik akan membuat mesin pencari Google dengan senang hati menaikkan posisi Page Rank web site.

Backlink Yang BerkualitasSEO sebelum dan sesudah diluncurkannya algoritma panda dan penguin sangat berbeda sekali, terjadi perubahan besar pada ketentuan yang dibutuhkan oleh mesin pencari Google dalam acuan untuk menaikkan peringkat sebuah web site.

Backlink Yang Berkuantitas VS Backlink Yang Berkualitas

Penilaian peringkat SERP web site sebelum Google Panda Penguin diluncurkan lebih menekankan pada jumlah kuantitas backlink keluar bukannya backlink yang berkualitas dari web site, dimana semakin banyak jumlah backlink dari luar maka web site dianggap sebagai yang terpopuler walau web site tersebut jarang update atau konten web site tersebut tidak memiliki kualitas sama sekali.

Jual beli backlink ataupun jasa membuat backlink jadi banyak diuntungkan, dilain sisi web site yang hanya menekankan pada backlink yang berkualitas, informatif serta banyak dicari oleh pengguna Internet jadi tersingkirkan dari SERP Google.

Pertama kali munculnya algoritma Panda menjadi sebuah pintu gerbang paradigma baru dalam SEO, Panda diluncurkan mulai Tahun 2010 dimana saat itu web site yang memiliki Content Farm dianggap memakai teknik Black Hat SEO dan merugikan web site lain yang lebih informatif.

Content Farm sangat tidak berkualitas, tujuan utama dibuat itu hanya untuk menarik kata kata kunci bagi web site saja, sedang nilai dari informasinya sangat tidak berkualitas sama sekali. Pada saat sebelum Panda diluncurkan, mesin pencari Google masih memberikan posisi rank bagus untuk web site penduplikat hanya karena kuantitas backlinknya bagus (bukan backlink yang berkualitas).

Peluncuran Algoritma Panda sudah banyak menyapu web site besar yang lama menduduki SERP Google dan tak pernah terkalahkan dengan memakai teknik yang dianggap Black Hat. Belum selesai dengan masalah yang ditimbulkan Panda, Google meluncurkan lagi Algoritma Penguin yang sampai saat ini baru saja melakukan update bagi web site yang dianggap sebagai spammer. Backlink Yang Berkualitas

Cara kerja dari Penguin yaitu menaikkan atau menurunkan SERP dari web site apabila terindikasi menjadi web spammer, dalam tingkatan rendah Penguin hanya memberikan hukuman penurunan SERP pada pencarian, sedangkan dalam pelanggaran tingkat tinggi, Penguin mendepak keras web site dari SERP dan tidak akan pernah dimunculkan lagi. Backlink Yang Berkualitas

Mencari Backlink Yang Berkualitas

Acuan dari Penguin lebih menekankan pada kualitas dan relevansi dari backlink yang dibuat oleh web site, jumlah backlink yang terlalu banyak akan lebih riskan terkena dampaknya. Backlink yang berkulitas menurut penguin harus disesuaikan dengan isi konten web site, tidak boleh lepas dari topik yang dibuat.

Semakin bertambahnya waktu, mekanisme SEO selalu berubah, acuan dasar juga berubah tiap tahunnya berdasarkan update Algoritma yang dilakukan oleh mesin pencari. Hal ini bisa dikatakan rugi bagi yang diturunkan dari lembar pencarian, atau bisa dikatakan untung bagi yang dinaikkan pada lembar pencarian. Backlink Yang Berkualitas

Teknik Black Hat SEO atau Teknik White Hat SEO jadi hal yang kamuflase belaka dimana dahulu sebuah teknik boleh dilakukan maka teknik itu masih dianggap White Hat, tetapi apabila saat ini teknik tersebut dilarang dilakukan maka dianggap sebagai Black Hat dan sayangnya sebelum diberlakukan ketentuan baru tidak ada pemberitahuan resminya. Backlink Yang Berkualitas

Dari beberapa pembicaraan ahli SEO, bisa dimungkinkan bahwa SEO masa yang akan datang hanya menekankan pada kreatifitas dari web developer untuk menyuguhkan konten fresh yang berkualitas dan  teratur dalam update. Backlink Yang Berkualitas

Hal nyata yang terjadi saat dilakukan update Penguin 2.0 Mei 2013 malah menurunkan web site yang menggunakan SEO dan menaikkan web site yang tidak mengenal SEO. Jadi teknik SEO bisa saja tidak diperlukan lagi, tapi itu hanya sekedar praduga saja untuk kebenarannya lebih baik kita ikuti saja apa yang harus dilakukan untuk menghadapi setiap update Algoritma Google terutama bagaimana saat ini mencari backlink yang berkualitas.

5 responses to “Backlink Yang Berkualitas Sebagai Penentuan SERP

  1. Wah Mantab infonya Boz.

  2. thanks infonya,,,,

  3. infonya bagus bannget,,,,

  4. semoga bermanfaat infonya,,,,,

  5. semoga sukses selalu,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *