Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Resep Cara Membuat Keripik Singkong. Siapa tidak suka camilan yang satu ini keripik singkong, camilan ini sangat familier di masyarakat kita terutama bagi lidah orang Indonesia, singkong banyak dikonsumsi oleh kakek nenek kita ketika masa susah penjajahan dulu disamping tanaman ini mudah didapati di setiap sudut pekarangan juga lebih murah ketimbang harus membeli beras. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong BaladoKarena singkong mudah tumbuh dimana saja maka keberadaannya melimpah di pasaran yang membuat harga umbi ini murah sekali, tak heran kalau anggapan masyarakat saat ini mengesampingkan umbi singkong sebagai salah satu sumber pangan yang sangat diperhitungkan. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Dalam perkembangan pengolahan kuliner jenis makanan yang memanfaatkan umbi singkong sebagai bahan baku mulai bermunculan tidak seperti dahulu dimana umbi singkong hanya diolah dengan cara direbus atau digoreng saja. Hal ini bisa menjadi masukan yang sangat positif dalam usaha menaikkan level umbi singkong sebagai pangan alternatif yang harus dipertimbangkan karena kandungan dalam umbi singkong sendiri sangat baik dari sisi Nutrisi, Vitamin dan Mineralnya bahkan plusnya serat bisa didapati didalamnya tidak seperti nasi yang tidak didapati serat. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Entah karena faktor kemasan atau faktor rasa atau faktor pola pemasarannya yang menjadikan keripik singkong kembali naik popularitasnya sebagai camilan yang tingkat konsumsinya sangat besar sekali dalam masyarakat. Apabila dilihat dari kemasan keripik singkong memang lebih baik dan berkelas bahkan cenderung saling bersaing dalam keindahan tampilan antara tiap tiap produsen, dari sisi rasa keripik singkong juga lebih variatif dengan penggunaan perasa instant yang semakin meramaikan jumlah jenis rasanya, dari sisi pemasarannya yang merambah gerai market modern membuat keripik singkong bukan hanya makanan kalangan bawah saja. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Keripik singkong pada konsep pengolahan rasa pada awalnya hanya ada dua jenis yaitu gurih dan manis saja semakin berkembang dengan munculnya berbagai macam rasa seperti barbeque, keju, pedas manis, rumput laut, balado, pedas dan lain lain membuat kita ketagihan untuk mencoba setiap macam rasanya. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado


Kali ini akan saya bahas mengenai resep cara membuat keripik singkong balado yang cukup populer dan digemari oleh konsumen makanan ringan.

Bahan Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

500 gram singkong

1 sendok teh air kapur sirih

1 sendok teh garam

750 ml air

Bahan Bumbu Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

5 butir bawang merah, ditumbuk kasar

5 buah cabai merah besar, ditumbuk kasar

5 buah cabai merah keriting, ditumbuk kasar

2 lembar daun salam

1 sendok teh garam

50 gram gula pasir

1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air, dilarutkan)

3 sendok makan minyak untuk menumis

minyak untuk menggoreng

Proses Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

Kupas singkong dari kulitnya dan cuci bersih. Iris singkong tipis tipis dengan alat perajang keripik. Rendam singkong dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air kemudian diamkan selama 15 menit. Tiriskan singkong kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang dan kering. Tumis bawang merah, cabai merah besar, cabai merah keriting, dan daun salam sampai harum. Masukkan garam, gula pasir, dan air asam jawa kemudian aduk sampai kental. Masukkan keripik singkong dalam bumbu dan aduk sampai terbalut rata kemudian dinginkan. Keripik singkong balado siap dihidangkan. Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado.

One response to “Resep Cara Membuat Keripik Singkong Balado

  1. Selentro manu mera

    aku suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *